ZR and Partner

we are can help your problem

 
We Office
Kantor Advokat
Zainuddin H.Abdulkadir, SH & Rekan
alamat: Jl. Hasanuddin No. 83 B Kota Pontianak
telp.0561-7566555
fax.0561 773126
email : zanhak @gmail.com
Partnership
Konsultasi
konsultasi gratis
telp.0561 7566555
dengan Anselma, SH
Just For You
zwani.com myspace graphic comments
Traffic
who online
Your Comments here

ShoutMix chat widget
Kalender

Free Blog Content

Your music
Email
You Tube
Photobucket
Titik Terang Ketika Norma Budaya Masyarakat Mulai Hilang
Wednesday, November 5, 2008
oleh.Zainuddin H.Abdulkadir, SH


Bahwa banyak permasalahan yang sedang terjadi di Kalimantan Barat khususnya, dimana akhir permasalahannya akan berujung kepada perbuatan pidana dan penegakan hukum nampaknya telah menghadapi kendala berkaitan dengan perkembangan masyarakat. Berbagai kasus telah terjadi seperti illegal loging, korupsi, judi, miras yang seolah-olah menjadi primadona dan hal tersebut sulit sekali diungkapkan oleh aparat hukum. Ini membuktikan betapa sulitnya para penegak hukum mencari cara agar hukum dapat sejalan dengan perkembangan masayarakat.

Kenyataan tersebut juga semakin diperparah dengan kondisi masyarakat yang seolah-olah memiliki rasa antipati terhadap kehidupan yang harmonis saling menghormati. Sekarang ini sifat keakuan sangat ditonjolkan dan diagungkan dalam setiap sendi kehidupan. Norma dan tata krama bermasyarakat seolah-olah ditinggalkan jauh dibelakang.
Kita memang tidak bisa memungkiri ataupun mengelak atas kejadian tersebut, kita lihat saja bagaimana prilaku anak-anak kita dewasa ini, kita tentu masih ingat bagaimana baru-baru ini ada sekelompok remaja yang terlibat perkelahian dengan membawa massa untuk suatu alasan yang tidak jelas.
Dari bukti tersebut maka betapa mudahnya untuk sekarang ini kita selalu berfikiran negatif terhadap orang lain, padahal belum tentu yang kita fikirkan tersebut seburuk fikiran kita.
Perkembangan masyarakat terjadi seiring dengan terjadinya perubahan masyarakat mengenai nilai-nilai sosial, norma-norma sosial, prilaku dan sebagainya yang secara langsung berinteraksi dengan sesama dalam suatu pergaulan.Akibat dari banyaknya perubahan tersebut membuat pola kehidupan bermasyarakat terus mengalir secara dinamis.
Pola-pola kehidupan dalam masyarakat sangat erat hubungan dengan pola kehidupan pribadi dan antar pribadi yang akan tetapi sayangnya banyak ke arah yang negatif.
Demikian pula dengan perkembangan hukum, akan tetapi berdasarkan kenyataan di lapangan kita harus mengakui bahwa perkembangan hukum seolah-olah mengalami stagnant karena perubahan yang terjadi dalam bidang hukum terjadi secara lambat.
Sebenarnya di negara kita banyak sekali hukum yang tertuang dan hidup dalam masyarakat secara turun temurun dan seharusnya terus berkembang dalam masyarakat untuk mengantisipasi kekurangan dalam hukum positif, akan tetapi sayangnya norma-norma tersebut seolah mulai hilang dalam prikehidupan bermasyarakat saat ini.
Kita mungkin bisa mencoba untuk menghidupkan kembali norma-norma tersebut, dan nampaknya pemuka-pemuka masyarakat juga cukup jeli untuk melihat perubahan masyarakat yang sudah banyak menyimpang dari alur kehidupan yang benar dan beradab. Hal tersebut terbukti dengan telah berdirinya MABM ( Majelis Adat Budaya Melayu),MAD ( Majelis Adat Dayak). Dan yang terakhir berdiri baru-baru ini adalah MABT ( Masyarakat Adat Budaya Tionghoa).
Demikian pula dengan pembelajaran mengenai norma-norma agama seakan mulai terkikis dalam peri kehidupan bermasyarakat, mana yang diperbolehkan dan mana yang tidak sudah mulai hilang pembatasannya dalam pola pergaulan, padahal norma pembatasan tersebut dalam norma adat maupun norma agama sangat jelas dan tegas batasannya. Untuk itu kita juga cukup apresiatif dengan hadirnya FUI (Forum Umat Islam) juga organisasi sejenisnya yang dengan cukup intens memberikan masukan dan pembelajaran kepada masyarakat untuk berprilaku lebih baik sesuai dengan agama dan norma-norma masyarakat yang beradab.
Hendaknya juga dalam kiprahnya ke depan organisasi kemasyarakatan di atas dapat memberikan dan memposisikan diri sebagai fasilitator, mediator, dinamisator dan sosial kontrol yang kaitannya adalah kemitraan dengan pemerintah institusi lainnya termasuk masyarakat secara luas.
Untuk dekade pada saat ini hendaknya motipasi dibentuknya organisasi kemasyarakatan yang berlatar belakang pengembangan budaya lebih mengarah kepada :
- Meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam pengembangan norma-norma sosial dalam bermasyarakat.
- Mengkaji, menggali dan melestarikan adat dan budaya yang positif sebagai upaya pembelajaran bagi generasi muda terhadap nilai-nilai kehidupan berbudaya yang selaras dengan dan seimbang dengan nilai-nilai yang diajarkan agama.
- Menggali dan memberdayakan potensi masyarakat di berbagai bidang kehidupan sehingga nilai-nilai budaya dan norma-norma sosial akan terus tumbuh dan berkembang dalam masyarakat.
Harapan ke arah yang lebih baik memang harus selalu kita ke depankan, mengingat pada dasarnya masyarakat kita adalah masyarakat yang memiliki jiwa sosial dalam setiap interaksinya dan kita akui memang banyak rintangan yang akan selalu kita temui akan tetapi jika niat tersebut baik mudah-mudahan kita semua masing-masing dapat mengembalikan pada naluri manusia kita untuk hidup bersama dengan manusia lainnya, bisa menyesuaikan diri dengan orang lain ataupun lingkungan sosialnya. Perlahan-lahan kita akan saling bekerja sama untuk kembali mengangkat budaya yang ada dalam masyarakat agar dapat lestari sehingga anak cucu kita akan dapat menikmatinya di masa yang akan datang.


Labels:

posted by Zainuddin H.Abdulkadir @ Wednesday, November 05, 2008  
0 Comments:

Post a Comment

agar blog ini lebih baik, kasi komentar ya

<< Home
 
About Me

Name: Zainuddin H.Abdulkadir
Home: Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
About Me: Nothing ever happened in the past; it happened in the now, nothing will ever happen in the future;it will happen in the now.
See my complete profile
Previous Post
Archives
Links
Template by
ZR AND PARTNER

lbh mabm-kb
-

Blogger TemplatesFree Shoutbox Technology Pioneer Graphic Designer - Company Brand Design
Graphic Designer

 Subscribe in a reader

Subscribe in Bloglines

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!

Subscribe in podnova

Powered by Blogger

Life is Such a Wonderful Thing

Sonic Run: Internet Search Engine

Powered by FeedBurner

Blogger Templates

BLOGGER